Peristiwa Cikeusik Dan Temanggung

Sebagai umat Islam akhir-akhir ini kita dihentakkan dua berita kekerasan dengan mengatasnamakan agama Islam. Hari Minggu tanggal 6 Februari 2011 jam 07.00 terjadi pembantaian di Kampung Pendeuy, Desa Umbulan, Cikeusik Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten oleh kelompok tak dikenal.

Penyerangan ini memakan 3 korban jiwa dan 5 lainnya luka-luka. Selain itu sebuah tempat ibadah dan 2 rumah warga mengalami kerusakan. Empat kendaraan roda empat pun dibakar oleh para penyerang. Penyerangan ini mengatasnamakan umat Islam atas ketidak puasannya terhadap keberadaan kelompok Ahmadiyah yang dianggap sesat.

Peristiwa Cikeusik belum tuntas pada hari Selasa (08-02-11) di Temanggung terjadi terjadi pengerusakan dua gereja dan satu kompleks pendidikan Kristen di Temanggung, serta sejumlah kendaraan bermotor.

Islam merupakan agama Rahmatan Lil Alamin (menjadi rahmat bagi alam semesta). Agama yang mengajarkan budi pekerti yang baik. Rasulullah diperintahkan oleh Allah SWT untuk berlaku lemah lembut, mudah memaafkan dan bermusyawarah ketika menjumpai sesuatu perbedaan. Seperti Firman Allah SWT yang terdapat di Surat Ali Imran :159

 

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّهِ لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لاَنفَضُّواْ مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّهِ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

 

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu . Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.(QS.3:159)

Citra Agama Islam dalam dekade ini mancapai titik terendah dengan maraknya aksi Teroris yang mengatasnamakan Islam. Dengan terjadinya beberapa kekerasan yang mengatasnamakan Islam beberapa hari terakhir ini akan semakin meyakinkan bahwa agama Islam adalah agama yang mengajarkan kekerasan.

Kecintaan terhadap agama bukanlah dengan kekerasan, melainkan dengan cara-cara yang damai. Allah memerintahkan untuk berdialog dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan kekerasan hanya akan semakin menghancurkan citra Islam

Indonesia bukanlah negara Islam, Indonesia negara yang berdasarkan Pancasila, negara yang memiliki banyak agama sudah semestinya kita menjaga kerukunan umat beragama. Agar terciptanya suatu negara yang aman, damai dan rukun.

Bagi umat Islam dilarang untuk mudah terprovokasi kalau ada berita yang negatif hendaknya mengedepankan tabayyun. Seperti firman Allah yang terdapat dalam Surat Al-Hujaraat : 6

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَأٍفَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ   

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.(QS.49:6)

Dua kerusuhan yang terjadi saat ini dampak dari mudahnya umat Islam terprovokasi. Mari kita jaga kerukunan umat beragama, jangan mudah terprovokasi dengan isu yang disebarluaskan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

About these ads

3 responses to “Peristiwa Cikeusik Dan Temanggung

  1. tidak pas rasa²nya kebrutalan/kekerasan mengatasnamakan agama, miris. Ini yang perlu diedukasi oleh siapapun pemimpin negeri ini, rakyat tetap perlu teladan.

    Artikelnya moga² ASLB. Amin :)

  2. Kalau melihat video tayangannya rasanya tidak manusiawi aksi pembantaiannya. Primitip abis!

  3. Islam adalah agama rahmatan lil aalamiin.( agama yang menjadi kasih sayang bagi seluruh umat dan alam di muka bumi ini ). namun hati saya ingin bertanya, apakah orang-orang yang mengaku dirinya Islam berlaku anarkis bahkan sampai membunuh, menganggap kelompok lain sesat, S U D A H B E N A R…..???? sesuai dengan ajaran Islam ??? Pastinya selama hidup Nabi tidak pernah mencontohkan hal yang semacam itu…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s