374 Pemondokan & 139 Bus untuk Jamaah RI di Mekkah

Pada tahun 2010 ini sebanyak 374 rumah di Mekkah disewa untuk dijadikan tempat menginap bagi jamaah haji Indonesia. Sementara jumlah bus yang akan mengangkut jamaah diturunkan dari tahun lalu dari 600 bus menjadi 139 bus.

Kepala Daerah Daker Makkah, Cepi Supriyatna mengatakan 374 rumah dapat menampung 200.855 jamaah dan kebutuhan ruang kantor dan pelayanan haji. Saat ini petugas haji Daerah Kerja Makkah tengah melakukan inventarisasi rumah-rumah itu. “Siang malam harus termonitor ketersediaan airnya,” ujar Cepi, Selasa (12/10)/2010.

Jamaah Indonesia akan mulai memasuki Mekkah pada 20 Oktober mendatang. Diperkirakan pada tanggal itu akan ada sekitar 800 jamaah yang akan masuk Mekkah.

Selama di Mekkah, para jamaah Indonesia akan menggunakan bus yang dikelola oleh Saptco (milik pemerintah Arab) dan Ummul Quro (milik swasta). Wakader Mekah bidang Transportasi Tatan Rustandi mengatakan, untuk tahun ini transportasi jamaah haji menggunakan sistem sistem shuttle service yang hanya berhenti untuk menurun dan manaikkan penumpang.

Sistem ini dinilai lebih baik sebab dengan system ini tidak ada penumpukan antrean jamaah yang ingin pulang ke pemondokan dari Masjidil Haram. Sistem ini juga lebih hemat. Tahun lalu, disediakan 600 bus, namun dengan sistem shuttle service, 139 bus pengungkutan jamaah Indonesia bisa teratasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s