Tahun Depan Jemaah Haji Pakai Monorel dari Arafah ke Mina

Jeddah : Proyek monorel (qithar almasyair) dipastikan bisa beroperasi untuk melayani seluruh jemaah haji termasuk Indonesia mulai 2011. Monorel ini dibangun di kawasan Arafah-Mina dan nantinya menghubungkan Mekkah dan Madinah.

“Kami beberapa hari lalu melakukan pertemuan dengan gubernur Mekkah, dipastikan proyek ini bisa dioperasikan seluruhnya tahun depan,” ujar Duta Besar RI untuk Arab Saudi dan Kesultanan Oman, Gatot Abdullah Mansyur, di Bandara King Abdul Azis Jeddah sebelum bertolak ke Riyadh kemarin.

Monorel ini tergolong proyek transportasi besar yang dilakukan pemerintah Arab Saudi untuk menunjukkan komitmen tingginya terhadap pelayanan jemaah haji.

Untuk tahun ini, sebenarnya monorel sudah dioperasikan. Namun penggunaanya hanya sebagian jemaah, yakni khusus bagi jemaah asal Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya.

Gatot memperkirakan pada tahun ini jumlah jemaah yang bisa diangkut monorel baru mencapai 150.000-200.000 orang. Untuk mewujudkan proyek ini, pemerintah Arab Saudi terus mengebut pengerjaannya.

Sebagian besar pekerja proyek ini dari China. Panjang rute monorel ini rencananya mencapai 6.000 kilometer. Dalam sistem operasinya, monorel akan bolak-balik (shuttle) untuk mengangkut jemaah.

Menurut Gatot, meski bisa beroperasi tahun depan, alat transportasi ini tak mungkin bisa mengangkut seluruh jamaah seluruh dunia.”Sifat monorel ini hanya mengurangi, bukannya mengganti,” ujar mantan Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah ini.

Sabtu (9/10), Pemerintah Arab Saudi Pemerintah Arab Saudi menggelar workshop pengenalan operasional monorel tersebut di Mekkah. Kegiatan ini untuk membekali keterampilan petugas-petugas di lapangan.

sumber

One response to “Tahun Depan Jemaah Haji Pakai Monorel dari Arafah ke Mina

  1. ,,, Älhämdülìllåh,
    IBADAH KITA AKAN SEMAKIN LANCAR.

    ,,,YA ALLOH,
    kami mhn perlindungan dari jelek nya apa-apa
    yg T E L A H km lakukan,
    & dari jeleknya apa-apa yg B E L U M km lakukan ,
    (agar BÅRÖKÄH selalu)
    ämìñ.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s