BMT Sebagai Solusi Pengusaha Muslim

Islam melarang pemeluknya untuk melakukan riba, seperti yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 275 tapi pada kenyataannya pengusaha Islam Indonesia kalangan menengah ke bawah kesulitan dalam mendapatkan permodalan usaha. Di Indonesia lembaga keuangan yang syariah masih sangat sedikit dan belum dapat menyentuh kalangan menengah ke bawah.

Atas keprihatinan itulah Joko Susilo bertekad untuk berbuat, bersama dengan beberapa rekanya pada tahun 2008 ia mulai merintis Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Budi Utomodi Solo dengan modal hanya Rp 1 juta Dengan tekad membantu para pengusaha muslim kalangan menengah dan bawah, Alhamdulillah dengan ridho Allah asset BMT pada saat ini telah mencapai Rp 1,9 Milyar.

Pria kelahiran 14 Mei 1980 Mengatakan “peluang usaha dibidang BMT masih sangat terbuka luas, para pedagang di pasar dan pekerja pabrik merupakan market yang sangat menjanjikan, dengan resiko kerugian dibawah 1%.” Terbukti selain mengelola BMT Budi Utomo bujangan ini juga mendirikan BMT Syariah Mandiri di Boyolali dengan modal awal Rp 160 juta saat ini uang yang dikelola telah mencapai Rp 2.4 Milyar.

“Usaha BMT ini ideal untuk warga LDII karena LDII sebagai lembaga dakwah yang berarti warga LDII turut berdakwah bil hal dengan cara membantu kepada para pengusaha menengah ke bawah terhindar dari riba”. Kata Sarjana Tehnik Universitas Sebelas Maret Surakarta ini.

Pria yang lulus strata 1-nya pada 2004 ini akan berbagi pengalaman pada para pengurus Usaha Bersama (UB) se-Karawang dan Purwakarta pada hari Sabtu 30 Oktober 2010 di pondok pesantren Sumber Barokah Karawang jam 09.00 sampai dengan selesai. Acara ini rencananya akan di buka oleh ketua DPD LDII Karawang H. Kuswandi. Semoga sukses usaha dan dakwah bil hal-nya di Solo dapat menular pada UB di Karawang dan Purwakarta.

8 responses to “BMT Sebagai Solusi Pengusaha Muslim

  1. habis itu bali donk..

    bisa minta CP beliau/BMT head office nya?..

    Ajkh

  2. saya percaya syariah jenis ini🙂. semoga acaranya sukses barokah, bisa menjadi cikal bakal lembaga keuangan murni syariah di karawang. aamiin

  3. HADI - TW (0818205703)

    Dalil dari al-Qur’an, Allah ta’ala berfirman,

    وَحَرَّمَ الرِّبَا

    “Dan Allah telah mengharamkan riba.” (Qs. Al Baqarah: 275)

    Dalil dari As-Sunnah:

    لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُؤْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ

    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, orang yang memberi makan dengan riba, juru tulis transaksi riba dan dua orang saksinya. Kedudukan mereka itu semuanya sama.” (HR. Muslim nomor 2995)

    ,,, INI SAAT NYA PARA “PEMBUAT KEPUTUSAN”,
    MELAKUKAN TUGASNYA SEBAGAI “PENGGEMBALA”

    ,,, BMT “KARAWANG” HARUS BERDIRI

    ,,, AND SAY NO TO “RIBA”

    ,,, YA ALLOH ,
    berikanlah kpd semua Öråñg ìmàn,
    rümäh nya, üsähå nya, mäsjìd nya,& témpåt-tèmpät säbìlìlläh nya,
    ENGKAU bèrìkän ÅMÄN – SÉLÅMÄT – LÅNCÄR & BÅRÖKÄH. Ämìn.

    • ayoooo teman2 jika pingin bisnis dak usah nunggu kapan untuk mulai dan dak usah di hitung-hitung yang paling penting segara ACTION untuk memulai berbisnis, dari jatuh bangunlah kita banyak belajar dan akhirnya jika tidak kaya ya sukses, amin semoga teman2 jokam segara TAKE ACTION untuk Bisnis !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

  4. Alhamdulillah mudah-mudah ini menjadi cikal bakal bangkitnya ekonomi warga LDII Karawang!
    Semoga Sukses Selalu!

  5. Alhamdulillah kami sudah mendapatkan restu dari pembina UB Daerah Karawang, Cicampek , Sesepuh Pondok sumber Barokah serta Ketua DPD LDII Karawang untuk mendirikan BMT, dan insa Allah kami akan tindak lanjuti di bulan November 2010 mudahmudahan allah paring Aman , Selamat, lancar dan Barokah. Amiin
    kami menghimbo agar semua warga LDII medukung program BMT yang mana kita sedikit demi sedikit menghapus Riba dikalangan warga LDII yang telah di pelopori daerah solo dan Boyolali AJKK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s