Rencana LDII Menghijaukan Karawang

Salah satu anggota Dewan Penasehat DPD LDII Kabupaten Karawang, H. Abdullah mengatakan, LDII Karawang merencanakan menanam seribu pohon di Kabupaten Karawang. Hal ini disampaikan oleh beliau dalam Musyawarah Pengurus DPD LDII Karawang, Minggu 24 Oktober 2010.

Apa yang disampaikan oleh H. Abdullah tersebut sejalan dengan rencana pelaksanaan program kerja ‘peningkatan kepedulian terhadap lingkungan hidup’ yang diamanatkan MUSDA V LDII Kabupaten Karawang Tahun 2010 kepada DPD LDII Karawang periode 2010-2015. Juga merupakan tindak lanjut dari program DPD LDII Propinsi Jawa Barat melalui LDII GO GREEN Propinsi Jawa Barat dengan mengadakan Seminar dan Pencanangan Gerakan Penghijauan, Kamis 5 Agustus 2010, di Bandung.

Salah satu pembicara dalam seminar tersebut, yaitu Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Barat, Dr. Ir. Anang Sudarma, dalam makalahnya menjelaskan, OBIT merupakan program pemerintah pada tahun 2010 berupa aksi penanaman serentak oleh seluruh penduduk Indonesia untuk menanam satu milyar pohon yang dilaksanakan secara terus menerus sepanjang tahun 2010.

Latar Belakang Indonesia termasuk pada urutan terbesar Negara berkembang penyumbang emisi dari deforestasi. Berdasarkan hasil penelitian para ahli bahwa deforestasi menyumbang 18% dari emisi GHGs (Gas Rumah Kaca) total dunia, 75% nya berasal dari Negara berkembang.

Diperkirakan emisi dari deforestasi di Negara berkembang akan terus sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk dan untuk keperluan pembangunan. Emisi Gas Rumah Kaca yang disebabkan oleh deforestasi akan menimbulkan efek rumah kaca, yang selanjutnya menyebabkan pemanasan global. Pemanasan global berakibat pada perubahan iklim sehingga beresiko bencana alam akan meningkat.

Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi dan mengantisipasi perubahan iklim? Bagaimanapun, kalau tidak ada tindakan pencegahan dipastikan suhu bumi akan terus meningkat yang beresiko pada meningkatnya bencana alam. Oleh karena itu pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menurunkan emisi sebesar 26% – 41% dengan melakukan salah satunya adalah OBIT di tahun 2010.

Upaya pemerintah ini tentu harus kita dukung, terutama seluruh warga LDII di seluruh kabupaten Karawang, sebagai kontribusi kita terhadap pengurangan emisi. Apalagi secara dalil agama, Ketua Umum DPP LDII, Prof. Dr. Ir. KH. Abdullah Syam, MSc menjelaskan bahwa menanam telah disabdakan oleh Rosulullah SAW. : “maa min muslimin yaghrisu ghorzan auu yazro’u zar’an fayaqulu fiihi thoirun auu insaanun auu bihiimatun illaa kaana minhu bihii shodaqotun”.(HR Bukhori, Muslim, Thirmidzi, dan Ahmad). Artinya : “tidak ada dari seorang muslim yang menanam satu pohon, apakah itu pohon tahunan/tanaman tahunan atau tanaman musiman kemudian sebagian dari tanaman itu dimakan oleh burung, atau manusia, atau binatang ternak, kecuali akan menjadi shodaqoh bagi yang menanam”.

Berdasarkan hadits Nabi tersebut, kita meyakini bahwa menanam pohon itu shodaqoh jariyah, merupakan ibadah yang menjadi kewajiban kita, dan mendapat pahala dari Allah. Penanaman pohon ini juga sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah. Salah satu dari kenikmatan Allah yang tak terhingga adalah oksigen. Disadari atau tidak, disetiap hirupan nafas kita, kita telah mengambil oksigen dari alam kita secara gratis.

Kebutuhan oksigen setiap manusia sekitar 4 kilogram per hari. Jika harga oksigen Rp 7.000,- per kilogram maka harga yang harus dibayar setiap manusia untuk mendapatkan kebutuhan oksigen per harinya adalah Rp 28.000,- atau Rp 840.000,- per bulannya atau Rp 10.080.000,- per tahunnya.

Cara bersyukur kita terhadap ‘gratisan’ oksigen dari Allah adalah dengan mengembangkan ‘produsen’ oksigen. ‘Produsen’ oksigen adalah tanaman/pohon, mengembangkan ‘produsen’ oksigen berarti menanam pohon sebanyak-banyaknya.

Usulan langkah-langkah DPD LDII Karawang Mengacu pada maksud diadakannya program OBIT oleh pemerintah, yaitu :

  1. Meningkatkan kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya Fungsi Pohon untuk penurunan emisi GHGS (Gas Rumah Kaca). 
  2. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan lahan.

Secara demikian penulis mengusulkan garis besar langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Mengadakan sosialisasi kepada seluruh warga LDII kabupaten Karawang akan pentingnya menanam pohon untuk penurunan emisi Gas Rumah Kaca oleh DPD LDII kabupaten Karawang kerjasama dengan instansi terkait jika memungkinkan.
  2. Penanaman pohon / tanaman a. Perencanaan • Jumlah tanaman yang akan ditanam • Penyediaan bibit • Sasaran lokasi • Tata waktu pelaksanaan b. Pelaksanaan penanaman
  3. Pemeliharaan tanaman
  4. Monitoring, evaluasi dan pelaporan.

Mudah-mudahan program ini bisa berjalan dengan aman, selamat, lancar dan barokah.

Oleh : Sihabudin, Ketua PC Purwasari, Karawang

2 responses to “Rencana LDII Menghijaukan Karawang

  1. ass.wr.wb.
    Saya jamaah dari Gresik,belum memahami kota Indramayu, amsol bisa diberikan alamat sekretariat , no.tilp DPD LDII Indramayu.dan jawaban bisa dibalas lewat email saya.
    Atas amsolnya disyukuri Alhamdulillah Jaza kallohu Khoiron.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s