Seluruh Calhaj Asal Mentawai Sudah ke Tanah Suci

Jakarta – Musibah gempa bumi dan tsunami di pulau Mentawai, Sumatera Barat yang terjadi 26 Oktober lalu, tidak mengganggu penyelenggaraan haji di embarkasi Padang. Bahkan seluruh calon jemaah haji asal kabupaten Mentawai sudah berangkat ke Tanah Suci.

Kabid Haji, Zakat dan Wakaf Kakanwil Kementerian Agama Sumbar H. Japeri mengatakan, pada tahun 2010 ada enam orang calhaj berasal dari kabupaten Mentawai. “Mereka tergabung dengan Kloter 14 berangkat Kamis, 28 Oktober , take off jam 14.00,” kata Japeri dihubungi melalui telepon, Jumat (29/10).

Calhaj asal kabupaten Mentawai, ujar Japeri, bila berangkat bergabung dengan kabupaten Padang atau Pariaman. Karena mereka mendaftar juga bukan di Mentawai. “Mereka mendaftar dan naik dari Padang atau Pariaman, karena di Mentawai siskohat (sistem komputerisasi haji terpadu) belum online,” jelasnya.

Pada tahun ini, calhaj asal Mentawai berangkat bersama jemaah asal kota Pariaman. Mereka tergabung dalam kloter 14 mengangkut 359 orang dengan pesawat Garuda Indonesia. “Dalam kloter ini ada satu orang yang batal, karena meninggal dunia. Yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman Ridwan Bay, beliau sebagai jemaah biasa,” ungkap Japeri.

Ditambahkan, embarkasi Padang selain memberangkatkan jemaah haji Sumbar yang berjumlah 4.612 orang, juga jemaah asal provinsi Jambi dan Bengkulu seluruhnya 7.613 orang.

Kloter terakhir berangkat pada 9 November mendatang, yaitu Kloter 22 merupakan gabungan dengan Kloter 16 dari embarkasi Balikpapan. “Pada kloter ini, 118 orang asal Sumbar, dan 221 orang dari Balikpapan,” pungkas Japeri. (ks)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s