Munaqosah Anak-Anak Islam

Saat munaqosah berlangsung

Pada hari Minggu 09-01-2011 PPG (Penggerak Pembina Generus) mengadakan Munaqosah (pengujian) pada anak-anak Islam PC Teluk Jambe Timur, Karawang yang dimulai dari jam 08.00 – 15.30.

Acara yang dihadiri oleh 280 anak-anak ini merupakan acara pengujian ilmu yang telah mereka dapatkan selama ini. menurut ketua PPG Karawang Irsyad Fuadi, SE “Acara ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan kurikulum di Majelis Ta’lim dilaksanakan”.

“Selama ini DPD LDII  Karawang telah membuat buku kurikulum pendidikan dan buku prestasi anak-anak, dan guru-guru pengajian telah diberikan pelatihan penggunaan buku kurikulum dan pengisian buku prestasi, saat inilah sebagai evaluasi dari pelatihan tersebut” lanjutnya.

Acara Munaqosah dibuka oleh Wanhat PC Teluk Jambe Timur H. Mubarok. dalam pembukaannya H. Mubarok mengingatkan pada anak-anak untuk menjadi anak yang sholeh yang berbakti pada kedua orang tua dan menjadi anak yang berguna bagi keluarga, agama dan bangsa.

Untuk menyiasati agar anak-anak nyaman dalam mengikuti ujian ini, panitia mengdakan lomba mewarnai. Disaat mereka menunggu untuk dipanggil anak-anak diberi kertas mewarnai dan ternyata cara ini cukup efektif untuk menghilangkan ketegangan anak-anak dalam menghadapi tim penguji.

Materi yang diujikan dalam Munaqosah ini ada 5 materi yaitu : Iqro, Bacaan Sholat, Hafalan Surat, Hafalan Doa-doa dan Ahlak. Para peserta akan diuji sesuai materi terakhir yang telah diujikan ditempat pengajiannya masing-masing.

Menurut ketua panitia Deni Mardiansyah SSi “Alhamdulillah acara berlangsung sesuai rencana, semua Majelis Ta’lim di wilayah Teluk Jambe Timur telah melaksanakan kurikulum, tapi ternyata masih ada guru yang kurang memahami dalam menggunakan buku kurikulum dan buku prestasi”. Acara munaqosah ini akan berlanjut di 4 PC lainnya dan dalam waktu 2 bulan targetnya sudah selesai.

Foto-foto acara :

8 responses to “Munaqosah Anak-Anak Islam

  1. nice…
    salam kenal
    jangan lupa kunjungi blog saya ya…

  2. Assalamu ‘alaikum wr wb.
    Selamat dan Sukses,
    Semoga Generasi Penerus QH, jadi Generasi yang handal.

    Wassalam,

  3. ass. munaqosah sip lah, tapi kurang sosialisasi, program liburan cabe rawit PPG kok gak ada? mohon dipikirkan! ajk. lancar barokah

    • Program liburan caberawit diserahkan ke Majelis Taklim masing-masing. karena PPG masih fokus pada pelaksanaan Munaqosah dan Diklat guru-guru caberawit. Insya Allah tahun depan akan dipertimbangkan.
      Jazakallahu khoiro

  4. Assalamu’alaykum. Alhamdulillah LDII begitu concern dalam people development untuk mencetak generasi masa depan yg “UNGGUL”. Kerusakan zaman di masa depan pasti akan lebih parah dibanding sekarang dan LDII telah melakukan mitigasi dengan program-programnya untuk mensikapi “BENCANA” moral, akhlak, mentallity dan terutama aqidah. SAPASLB. Tetep semua itu niati karena Allah, mengharap surga selamat dari neraka. AJZK
    (Lelaki Dewasa yg merindukan cerianya masa kecil belajar iqra di masjid)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s