Mensyukuri Ramadhan

image

Kultum Oleh: KH. Abdus Sobur

Pemirsa LDII Tv yang dimulyakan oleh Allah dalam kesempatan ini saya ingin membahas tentang menulusuri jalannya sukur. Yang dimaksud menelusuri jalannya sukur adalah; mencari jalan bagaimana gar kita bisa bersukur pada Allah, bagaimana agar kita bisa mewujudkan rasa sukur pada Allah.

 

 

 

Terutama para pemirsa LDII tv yang dimulyakan oleh Allah dalam kesempatan yang berbahagia ini, kita dijumpakan oleh Allah pada bulan Ramadhan. Maka sebagai menelusuri jalannya sukur pada Allah bagaimana kita didalam bulan Ramadhan ini bisa betul-betul mewujudkan rasa sukur kita kepada Allah. Maka disini saya kalau mensarankan yaitu di bulan Ramadhan ini bagaimana kita bisa mencapai 5 sukses dibulan Ramadhan.

Yang pertama sukses berpuasa; yang kedua sukses dalam sholat malam; yang ketiga sukses dalam mebaca Al-Qur’an; yang keempat sukses mencari Lailatul Qodar; yang kelima sukses dalam menjalankan zakat fitrah;

Yang pertama, sukses dalam berpuasa bulan Ramdhan; kita mengetahui dalam firman Allah SWT bahwasannya puasa dalam bulan Ramdhan diwajibkan oleh Allah, sesuai dengan firmanNya:

 الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن   يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.(QS.Al-Baqarah:183)

Maka dari itu di bulan Ramadhan ini bagaimana kita bisa mensukseskan diri kita dalam puasa Ramdhan, karena apabila kita sukses dalam berpuasa Ramadhan itu ada kefadholan sendiri yang telah dijanjikan oleh Rasulullah SAW “Barang siapa yang berpuasa dibulan Ramadhan, maka dosa-dosa yang telah lampau diampuni oleh Allah” (HR. Muttafaqun ‘Alaih)

Maka dari itu kita sebagai orang Islam, sebagai kaum Muslimin bagaimana di bulan Ramadhan ini kita bisa betul-betul sukses dalam puasa Ramdhan, satu bulan penuh bagi yang tidak berhalangan.

Yang kedua, sukses didalam sholat malam; Kalau bulan Ramadhan biasanya di namakan dengan sholat Tarawih. Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa yang berdiri (sholat malam) di bulan Ramadhan dengan iman dan mencari pahala maka dosa-dosa yang telah lampau diampuni oleh Allah SAW.” (HR. Muttafaqun ‘Alaih)

Maka tidak heran apabila sering dikatakan bahwasannya bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan Magfirah, bulan yang penuh dengan ampunan.

Yang ketiga, mensukseskan didalam membaca Al-Qur’an; paling tidak kita bisa menghatamkan membaca Al-Qur’an satu kali, apabila mampu.

Karena Rasulullah SAW telah bersabda “lebih utamanya ibadahnya umatku adalah membaca Al-Qur’an” (HR. Abu Na’im fii Fadhoilul Qur’an)

Apalagi dibulan Ramdhan lipatan pahala tidak seperti selain bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW telah bersabda: “takutlah kalian dibulan Ramadhan, maka sesungguhnya kebaikan-kebaikan dibulan Ramadhan akan dilipatkan gandakan tidak seperti diselainnya bulan Ramadhan begitu pula kejelekan akan dilipat gandakan oleh Allah.”

Yang keempat, kita mensukseskan diri kita mencari Lailatul Qodar; Lailatul Qodar ini merupakan gongnya atau merupakan puncaknya pahala dibulan Ramadhan. Karena Lailatul Qodar kita beribadah satu malam saja lebih baik daripada beribadah seribu bulan.

Allah ta’ala telah berfirman :            لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Satu malam beribadah di Lailatul Qodar lebih baik daripada seribulan” (QS. Al-Qadr: 3)

Maka diusahakan kita dalam bulan Ramadhan ini terutama nanti disepuluh malam terakhir kita mencari lipatan pahala Lailatul Qodar.

Yang kelima, kita mensukseskan diri kita dalam zakat fitrah; jangan sampai kita sudah berpuasa sebulan penuh tapi tidak bisa melaksanakan zakat fitrah. Karena zakat fitrah ini merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s