Bergembira Dalam Beribadah

image

Kultum oleh: KH. Abdus Sobur

Para pemirsa LDII Tv yang berbahagia setelah kita bisa beribadah yang benar yaitu beribadah sesuai dengan tuntunan Allah dan tuntunan Rasulullah SAW kita supaya bisa berbahagia bisa melaksanakan ibadah sesuai dengan tuntunan Allah dan tuntunan Rasulullahi SAW.

Berbahagia dalam beribadah, itu merupakan perintah Allah SWT. Allah telah berfirman:

قُلْ بِفَضْلِ اللّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُواْ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ

”Katakan Muhammad dengan kefadholan dan rahmat Allah maka mereka orang-orang yang beriman supaya berbahagia, supaya bergembira karena hasilnya lebih baik daripada seluruh harta dunia yang dikumpulkan oleh mereka.” (QS. Yunus: 58)

Sehingga apabila kita bisa berbahagia dalam beribadah ini tidak akan menghalangi kita dalam menjalankan perintah Allah dan Rasulullah SAW.

Kebalikan dari bergembira ini adalah susah dan susah ini juga dilarang oleh Allah. Jangan sampai kita dalam menjalankan ibadah kepada Allah mengalami suatu kesusahan. Menderita. Allah telah berfirman:

وَلاَ تَهِنُوا وَلاَ تَحْزَنُوا وَأَنتُمُ الأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

”janganlah kalian merasa hina, janganlah merasa susah, kalian adalah orang-orang yang luhur, apabila kalian betul-betul beriman pada Allah” (QS. Ali Imron: 139)

Maksudnya apabila kalian betul-betul beriman pada Allah suapaya bergembira dalam melaksanakan ibadah. Jangan susah, jangan merasa hina, jangan merasa jatuh mental. Dalam ayat lain Allah telah berfirman:

”Apabila kalian tertimpa kejelekan, tertimpa luka, tertimpa sesuatu yang tidak menyenangkan dalam beribadah maka mereka kaum yang tidak beribadah juga sama. Mereka mengalami kesusahan, mengalami kesedihan dalam hidupnya.”

Dalam hal masalah hidup memang Allah menciptakan seperti itu, adakalanya bahagia adakalanya susah. Namun kita sebagai orang yang beriman telah diperintahkan oleh Allah untuk selalu bergembira dalam beribadah, jangan sampai susah dalam beribadah, jangan sampai sedih dalam beribadah.

Memang dalam qodrat yang telah Allah buat untuk manusia, manusia akan diqodar untuk mendapatkan cobaan, manusia diqodar akan mendapatkan musibah.

Cobaan adakalanya baik, adakalanya jelek. Allah telah berfirman:

وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً

”Dan kami Allah akan mencoba pada mereka orang-orang yang beriman dengan kebaikan-kebaikan dan kejelekan-kejelekan.” (QS. Al-Anbiyaa’; 35)

Kalau qodar musibah itu pasti jelek, pasti dirasakan sakit. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: ”Segala sesuatu yang menimpa pada orang iman yang sifatnya membencikan, sifatnya tidak menyenangkan maka itulah yang dikatakan musibah.”

Apabila kita sebagai orang iman mendapatkan musibah dalam perjalanan hidup kita, kita bisa bersabar, kita bisa berbahagia, kita bisa senang mendapatkan musibah itu justru kita mendapatkan pahala. Rasulullah SAW telah bersabda: ”tidak seorang hamba (orang iman) ketika mendapat musibah dalam hidupnya, kemudian mengucapkan kalimat Istirja’ kecuali Allah akan memberi pahala dalam musibahnya tersebut dan Allah akan mengganti dengan yang lebih baik, daripada musibah yang dia alami.”

Apabila kita simpulkan, sebenarnya apabila hamba Allah mau menjalankan apa yang diperinttahkan oleh Allah dan Rasulullah SAW pasti akhirnya akan mendapatkan kebabahagian dalam hidupnya baik di dunia maupun di akhirat.

Mendapatkan cobaan bisa sabar, mendapatkan musibah bisa istrija’ Allah menjanjikan memberikan pahala dalam musibahnya dan Allah menjanjikan akan mengganti dengan yang lebih baik, baik didunia maupun di akhirat.

Di dunianya jelas akan diganti dengan yang lebih baik, di kahiratnya jauh lebih baik lagi yaitu dimasukkan kedalam Surga di selamatkan dari Neraka.

Maka dari itu pemirsa LDII Tv yang budiman, kita selalu bergembira dalam menjalankan ibadah, apabila kita beribadah sesuai dengan tuntunan Allah dan tuntunan Rasulullah SAW hadapilah dengan suatu kebbahagian.

Sehingga kebahagian tersebut terasa nikmat bagi kita, sehingga dalam hidup kita ini, bisa sesuai dengan garis-garis Allah, garis-garis Rasullah SAW dan akhirnya kita bisa bahagia baik di dunia maupun di akhirat.

Mudah-mudahan Allah meberikan manfaat dan barokah, Jazakumullahu khoiro

Wassalamualaikum, wr wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s